WELCOME TO MY WORLD



Minggu, 04 Desember 2011

LAPORAN HASIL PRAKTIKUM KIMIA ANORGANIK II I. -Pembuatan tawas Potasium kromium KCr(SO4)2.12H20


PERCOBAAN 6

I.             Judul Percobaan       : Pembuatan tawas Potasium kromium KCr(SO4)2.12H20
II.          Tujuan Percobaan : Mempelajari reaksi pembuatan tawas potassium kromium
III.       Dasar Teori

Kromium
Ditemukan pada tahun 1797 oleh Vauquelin, yang membuat logam khrom pada tahun berikutnya.. Kromium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cr dan nomor atom 24. Khrom juga berwarna abu-abu, berkilau, keras sehingga memerlukan proses pemolesan yang cukup tinggi.

Karakteristik
Kromium adalah 21 paling banyak unsur dalam kerak bumi dengan konsentrasi rata-rata 100 ppm. Senyawa Kromium terdapat di dalam lingkungan, karena erosi dari batuan yang mengandung kromium dan dapat didistribusikan oleh letusan gunung berapi. Rentang konsentrasi dalam tanah adalah antara 1 dan 3000 mg / kg, dalam air laut 5-800 μg / liter, dan di sungai dan danau 26 μg / liter dengan 5,2 mg / liter. Hubungan antara Cr (III) dan Cr (VI) sangat tergantung pada pH dan oksidatif sifat lokasi, tetapi dalam banyak kasus, Cr (III) adalah spesies dominan, meskipun di beberapa daerah di tanah air dapat mengandung sampai 39 μg dari total kromium dari 30 μg yang hadir sebagai Cr (VI).

Sumber Krom
Bijih utama khrom adalah khromit, yang ditemukan di Zimbabwe, Rusia, Selandia Baru, Turki, Iran, Albania, Finlandia, Republik Demokrasi Madagaskar, dan Filipina. Logam ini biasanya dihasilkan dengan mereduksi khrom oksida dengan aluminum.

Kegunaan Krom
chrom digunakan untuk mengeraskan baja, pembuatan baja tahan karat dan membentuk banyak alloy (logam campuran) yang berguna. Kebanyakan digunakan dalam proses pelapisan logam untuk menghasilkan permukaan logam yang keras dan indah dan juga dapat mencegah korosi. Khrom memberikan warna hijau emerald pada kaca. Industri refraktori menggunakan khromit untuk membentuk batu bata, karena khromit memiliki titik cair yang tinggi, pemuaian yang relatif rendah dan kestabilan struktur kristal. Beberapa senyawa kromium digunakan sebagai katalis. Misalnya Phillips katalis untuk produksi polietilen adalah campuran dari kromium dan silikon dioksida atau campuran dari krom dan titanium dan aluminium oksida. Kromium (IV) oksida (CrO 2) merupakan sebuah magnet senyawa
Kromium merupakan logam tahan korosi (tahan karat) dan dapat dipoles menjadi mengkilat. Dengan sifat ini, kromium (krom) banyak digunakan sebagai pelapis pada ornamen-ornamen bangunan, komponen kendaraan, seperti knalpot pada sepeda motor, maupun sebagai pelapis perhiasan seperti emas, emas yang dilapisi oleh kromium ini lebih dikenal dengan sebutan emas putih. Perpaduan Kromium dengan besi dan nikel menghasilkan baja tahan karat. Kromium (IV) oksida digunakan untuk pembuatan pita magnetik digunakan dalam performa tinggi dan standar kaset audio. Asam kromat adalah agen oksidator yang kuat dan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk membersihkan gelas laboratorium dari setiap senyawa organik. Hal ini disiapkan dengan melarutkan kalium dikromat dalam asam sulfat pekat, yang kemudian digunakan untuk mencuci aparat. Natrium dikromat kadang-kadang digunakan karena lebih tinggi kelarutan (5 g/100 ml vs 20 g/100 ml masing-masing). Kalium dikromat merupakan zat kimia reagen, digunakan dalam membersihkan gelas laboratorium dan sebagai agen titrating.

Senyawa Krom
Senyawa komponen khrom berwarna. Kebanyakan senyawa khromat yang penting adalah natrium dan kalium, dikromat, dan garam dan ammonium dari campuran aluminum dengan khrom . Dikhromat bersifat sebagai zat oksidator dalam analisis kuantitatif, juga dalam proses pemucatan kulit. Senyawa lainnya banyak digunakan di industri; timbal khromat berwarna kuning khrom, merupakan pigmen yang sangat berharga. Senyawa khrom digunakan dalam industri tekstil sebagai mordan atau penguat warna. Dalam industry penerbangan dan lainnya,senyawa khrom berguna untuk melapisi aluminum.


Efek kesehatan krom
Logam krom (Cr) adalah salah satu jenis polutan logam berat yang bersifat toksik, dalam tubuh logam krom biasanya berada dalam keadaan sebagai ion Cr3+. Krom dapat menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati (liver) dan ginjal. Jika kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan jika tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi kadar pencemar pada perairan biasanya dilakukan melalui kombinasi proses biologi, fisika dan kimia. Pada proses fisika, dilakukan dengan mengalirkan air yang tercemar ke dalam bak penampung yang telah diisi campuran pasir, kerikil serta ijuk. Hal ini lebih ditujukan untuk mengurangi atau menghilangkan kotoran-kotoran kasar dan penyisihan lumpur. Pada proses kimia, dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan kimia untuk mengendapkan zat pencemar misalnya persenyawaan karbonat.
Kromium (III) adalah esensial bagi manusia dan kekurangan dapat menyebabkan kondisi jantung, gangguan dari metabolisme dan diabetes. Tapi terlalu banyak penyerapan kromium (III) dapat menyebabkan efek kesehatan juga, misalnya ruam kulit. Kromium (VI) adalah bahaya bagi kesehatan manusia, terutama bagi orang-orang yang bekerja di industri baja dan tekstil. Orang yang merokok tembakau juga memiliki kesempatan yang lebih tinggi terpapar kromiumKromium (VI) diketahui menyebabkan berbagai efek kesehatan. sebuah senyawa dalam produk kulit, dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti ruam kulit. Pada saat bernapas ada krom (VI) dapat menyebabkan iritasi dan hidung mimisan. Masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kromium (VI) adalah:
- kulit ruam
- sakit perut dan bisul
- Masalah pernapasan
- Sistem kekebalan yang lemah
- Ginjal dan kerusakan hati
- Perubahan materi genetik
- Kanker paru-paru
- Kematian
Bahaya kesehatan yang berkaitan dengan kromium bergantung pada keadaan oksidasi. Bentuk logam (krom sebagaimana yang ada dalam produk ini) adalah toksisitas rendah. Bentuk yang hexavalent beracun. Efek samping dari bentuk hexavalent pada kulit mungkin termasuk dermatitis, dan reaksi alergi kulit. Gejala pernafasan termasuk batuk, sesak napas, dan hidung gatal.

Dampak lingkungan kromium
Ada beberapa jenis kromium yang berbeda dalam efek pada organisme. Kromium memasuki udara, air dan tanah di krom (III) dan kromium (VI) bentuk melalui proses-proses alam dan aktivitas manusia. kegiatan utama manusia yang meningkatkan konsentrasi kromium (III) yang meracuni kulit dan manufaktur tekstil. Kegiatan utama manusia yang meningkatkan kromium (VI) konsentrasi kimia, kulit dan manufaktur tekstil, elektro lukisan dan kromium (VI) aplikasi dalam industri. Aplikasi ini terutama akan meningkatkan konsentrasi kromium dalam air. Melalui kromium pembakaran batubara juga akan berakhir di udara dan melalui pembuangan limbah kromium akan berakhir di tanah. Sebagian besar kromium di udara pada akhirnya akan menetap dan berakhir di perairan atau tanah. Kromium dalam tanah sangat melekat pada partikel tanah dan sebagai hasilnya tidak akan bergerak menuju tanah. Kromium dalam air akan menyerap pada endapan dan menjadi tak bergerak.Hanya sebagian kecil dari kromium yang berakhir di air pada akhirnya akan larut.
Kromium (III) merupakan unsur penting untuk organisme yang dapat mengganggu metabolisme gula dan menyebabkan kondisi hati, ketika dosis harian terlalu rendah.
Kromium (VI) adalah terutama racun bagi organisme.Dapat mengubah bahan genetik dan menyebabkankanker.
Tanaman mengandung sistem yang mengatur kromium-uptake harus cukup rendah tidak menimbulkan bahaya. Tetapi ketika jumlah kromium dalam tanah meningkat, hal ini masih dapat mengarah pada konsentrasi yang lebih tinggi dalam tanaman. Peningkatan keasaman tanah juga dapat mempengaruhi pengambilan kromium oleh tanaman. Tanaman biasanya hanya menyerap kromium (III). Ini mungkin merupakan jenis penting kromium, tetapi ketika konsentrasi melebihi nilai tertentu, efek negatif masih dapat terjadi.
Kromium tidak diketahui terakumulasi dalam tubuh ikan, tetapi konsentrasi tinggi kromium, karena pembuangan produk-produk logam di permukaan air, dapat merusak insang ikan yang berenang di dekat titik pembuangan. Pada hewan, kromium dapat menyebabkan masalah pernapasan, kemampuan yang lebih rendah untuk melawan penyakit, cacat lahir, infertilitas dan pembentukan tumor.

Pelapisan krom
Pelapisan krom adalah suatu perlakuan akhir menggunakan elektroplating oleh kromium. Pelapisan dengan krom dapat dilakukan pada berbagai jenis logam seperti besi, baja, atau tembaga. Pelapisan krom juga dapat dilakukan pada plastik atau jenis benda lain yang bukan logam, dengan persyaratan bahwa benda tersebut harus dicat dengan cat yang mengandung logam sehingga dapat mengalirkan listrik.
Pelapisan krom menggunakan bahan dasar asam kromat, dan asam sulfat sebagai bahan pemicu arus, dengan perbandingan campuran yang tertentu. Perbandingan yang umum bisa 100:1 sampai 400:1. Jika perbandingannya menyimpang dari ketentuan biasanya akan menghasilkan lapisan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang sangat berpengaruh pada proses pelapisan krom ini adalah temperatur cairan dan besar arus listrik yang mengalir sewaktu melakukan pelapisan. Temperatur pelapisan bervariasi antara 35 °C sampai 60 °C dengan besar perbandingan besar arus 18 A/dm2 sampai 27 A/dm2. Elektroda yang digunakan pada pelapisan krom ini adalah timbal (Pb) sebagai anoda (kutub positif) dan benda yang akan dilapis sebagai katoda (kutub negatif). Jarak antara elektroda tersebut antara 9 cm sampai 29 cm. Sumber listrik yang digunakan adalah arus searah antara 10 - 25 Volt, atau bisa juga menggunakan aki mobil. Pewarnaan Kulit Kromium (III) garam, terutama tawas krom dan kromium (III) sulfat, digunakan dalam penyamakan dari kulit. kromium (III) menstabilkan kulit secara lintas yang menghubungkan kolagen serat dalam kulit. Kromium kecokelatan kulit dapat mengandung antara 4 dan 5% dari kromium, yang erat terkait pada protein.

Peranan biologis Krom
Trivalen kromium (Cr (III) atau Cr 3 +) dalam menelusuri pengaruh jumlah gula dan lemak metabolisme pada manusia yang diduga menyebabkan penyakit yang disebut defisiensi krom. Sebaliknya, krom hexavalent (Cr (VI) atau Cr 6 +) sangat beracun dan mutagenik ketika dihirup. Cr (VI) belum ditetapkan sebagai karsinogen ketika dalam larutan, meskipun dapat menyebabkan alergi kontak dermatitis (ACD). Penggunaan kromium suplemen makanan yang mengandung kontroversial karena efek kompleks digunakan suplemen.suplemen makanan yang populer kromium Picolinate kompleks menghasilkan kerusakan kromosom pada sel-sel hamster. Di Amerika Serikat, diet harian pedoman untuk kromium pengambilan diturunkan 50-200 μg untuk orang dewasa 35 μg (dewasa laki-laki) dan hingga 25 μg (betina dewasa).

TAWAS
TAWAS adalah senyawa kimia berupa garam sulfat yang memiliki banyak sekali ragamnya salah satunya yang paling populer adalah Aluminum Sulfat yang banyak digunakan oleh PDAM untuk memproses air sungai menjadi ari bersih (oleh karena itu disebut juga dengan nama populer Alum). Jenis tawas lainnya adalah seperti Tawas Natrium untuk bahan pengembang roti, Tawas Kalium untuk pengolah limbah, Tawas Besi untuk penyamakan kulit dan bahan pewarna. Kembali kepada kebutuhan sehari-hari, kamu dapat temui bongkahan tawas dicemplungkan ke sumur pompa untuk membuat air jadi jernih. Ibu kamu yang gemar memasak juga kadang menggunakan Tawas pada air rebusan untuk membuat mie dan baso. dan juga untuk penghilang bau pada masakan rebung (kuncup bambu). Tawas juga digunakan untuk bahan dasar deodorant atau juga dioleskan langsung pada ketiak untuk menghindari bau badan.
Tawas merupakan garam sulfat rangkap terhidrat dengan formula M+M3+ (SO4)2.12H2O. M+ merupakan kation univalen, umumnya Na+, Fe+, Cr+, Ti3+ atau Co3+, tawas biasa dikenal dalam kehidupan sehari-hari adalah amonium sulfat dodekahidrat.
berikut beberapa contoh tawas, cara membuat dan kegunaannya:
1. Natrium aluminium sulfat dodekahidrat (tawas natrium) dengan formula NaAl(SO4)2. 12h2O digunakan sebagai serbuk pengembang roti.
2. Kalium aluminium sulfat dodekahidrat (tawas kalium) dengan rumus KAl(SO4)2. 12H2O digunakan dalam pemurnian air, pengolahan limbah, dan bahan pemadam api. Tawas kalium dibuat dari logam aluminium dan kalium hidroksida. Logam aluminium bereaksi secara cepat dengan KOH panas menghasilkan larutan garam kalium aluminat.
2Al(s) + 2K+(aq) + 2OH-(aq) + 6H2O(l) ——> 2K+(aq) + 2Al(OH)4-(aq) + 3H2(g)
ion aluminium, Al(OH)4- yang bersifat ampoter jika direaksikan dengan asam sulfat, diendapkan sebagai aluminium hidroksida, tetapi larut pada pemanasan.
2K+(aq) + 2Al(OH)4-(aq) + 2H+(aq) + SO42-(aq) —–> 2Al(OH)3(s) + 2K+(aq) + SO42-(aq) + 2H2O(l)
2Al(OH)3(s) + 6H+(aq) + 3SO42-(aq) —–> 2Al3+(aq) + 3SO42-(aq) + 6H2O(l)
jika larutan kalium aluminium sulfat dodekahidrat yang hampir jenuh didinginkan maka akan terbentuk kristal-kristal yang berbentuk oktahedron.
3. Amonium aluminium sulfat dodekahidrat (tawas amonium) dengan formula NH4Al(SO4)2.12H2O digunakan sebagai acar ketimun.
4. Kalium kromium(III) sulfat dodekahidrat (tawas kromium) dengan formula KCr(SO4)2.12H2O digunakan sebagai penyamak kulit dan bahan pembuat kain tahan api. tawas kromium dapat diperoleh dengan cara mereduksi ion dokronat dari kaliium dikromat K2Cr2O7, menjadi kromium(III) dalam larutan asam sulfat dengan reduktor etanol, C2H5OH.
8H+(aq) + CrO72-(aq) + 3C2H5OH(aq) —–> 3CH3CHO(aq) + 2Cr3+(aq) + 7H2O(l)
ion sulfat dari asam sulfat dan ion kalium dari kalium dikromat bergabung dengan ion kromium(III) membentuk kristal tawas kromium yang terbentuk oktahedron dan berwarna violet sampai hijau gelap jika larutan yang pekat didinginkan.
K+(aq) + Cr3+(aq) + 2O42-(aq) + 12H2O(l) —–> KCr(SO4)2. 12H2O(c)
Tawas Kromium diproduksi dari kromat garam atau dari paduan ferrochromium. Larutan pekat kalium dikromat dapat dikurangi, biasanya dengan sulfur dioksida , tetapi juga dengan alkohol atau formaldehida , dengan adanya asam sulfat pada suhu <40 ° C . Atau dan kurang umum, paduan ferrochromium dapat dilarutkan dalam asam sulfat dan, setelah pengendapan besi sulfat, tawas krom mengkristal pada penambahan kalium sulfat . Tawas kromium mengkristal di teratur oktahedra dengan sudut diratakan dan sangat larut dalam air. Solusinya memerah lakmus dan merupakan zat . Solusi berair ungu gelap dan berubah hijau ketika dipanaskan di atas 50 ° C.  Selain dodecahydrate , yang KCR hexahydrate (SO 4) 2 · 6H 2 O, KCR dihidrat (SO 4) 2 · 2H 2 O , dan KCR monohidrat (SO 4) 2 · H 2 O yang dikenal.
5. Amonium besi(III) sulfat dodekahidrat (tawas besi(II)) dengan formula NH4Fe(SO4)2.12H2O digunakan untuk mordan pada pewarnaan tekstil. Tawas ini dibuat dengan mengoksidasi ion besi(II) menjadi ion besi(III) dengan asam nitrat dalam larutan amonium sulfat.
2H+(aq) + NO3-(aq) +Fe2+(aq) —–> Fe3+(aq) + NO2(g) + H2O(l)
ion amonium dan ion sulfat dari amonium sulfat, (NH4)SO4, mengkristalkan ion besi(III sebagai tawas besi(III).
NH4+(aq) + Fe3+(aq) + 2SO42-(aq) + 12H2O(l) —–> NH4Fe(SO4)2. 12H2O(c)
Untuk setiap kali pembuatan tawas, sebagian pelarut mungkin perlu dikurangi dengan cara penguapan untuk menghasilkan larutan jenuh yang kemudian menghasilkan kristal tawas pada waktu didinginkan. Untuk mendapatkan kristal yang berukuran besar, pendinginan larutan jenuh harus dilakukan secara pelan-pelan

IV.       Alat dan Bahan


·         Gelas Beker
·         Kertas Saring
·         Corong
·         Batang Pengaduk
·         Gelas Arloji
·         Penangas Air
·         Evaporator               
·         H2SO4 (5 M) 
·         H2O2  3%
·         Kalium dikromat
·         Etanol
·         HNO3 (2 M)
·         NaOH  (5 M)




V.          Cara Kerja
1.      Masukkan 25 ml larutan asam sulfat 5 M kedalam beker gelas, kemudian tambahkan 4 gr potassium dikromat. Aduk campuran tersebut dan panaskan diatas penangas air agar semua dikromat larut.
2.      Dinginkan larutan dalam pendingin es kira-kira selam 10 menit dan kemudian tambahkan 4 ml etanol sedikit demi sedikit kedalam campuran. Penambahan harus dilakukan secara hati-hati, karena pada reaksi tersebut menghasilkan panas. Amati perubahan yang terjadi dan catat pada lembar kerja.
3.      Tutup larutan dengan gelas arloji dan amati perubahan yang terjadi pada keesokan harinya.
4.      Kumpulkan Kristal-kristal yang telah terbentuk diatas corong dan pindahkan sisahnya dari gelas beker dengan cara menambahkan  5 ml etanol 60%. Bila perlu, ulangi cara tersebut sampai tidak ada Kristal yang tertinggal. Biarkan Kristal-kristal tersebut kering pada suhu kamar (dinamakan air drying) sampai keesokan harinya.
5.      Timbang berat Kristal-krital tersebut dan hitung presentase hasil dari tawas potassium kromium berdasarkan jumlah dikromat yang digunakan.
6.      Lakukan pengujian adanya ion kromium dengan cara : kedalam sejumlah sampel (0,05 gr tawas kromium kedalam 2 ml air) tambahkan larutan NaOH 5M tetes demi tetes sampai tdak terjadi lagi perubahan (setiap penambahan satu tetes larutan dikocok dan diamati dengan cermat sebelum penambahan tetes berikutnya dilajutkan atau tidak). Kemudian tambahkan 1 ml larutan H2O2 3% dan panaskan campuran sampai terjadi perubahan warna. Timbulnya warna kuning pada larutan (CrO4) menunjukkan adanya ion kromat. Catat pengamatan anda pada lembar kerja dan tuliskan keseimbangan persamaan ionic dari oksidasi cr (aq) oleh  H2O2 dalam medium basah.
Catatan: Pelaksanaan uji untuk Cr harus dilakukan dalam medium basa.
7.      Lakukan tes pengujian adanya ion sulfat dengan cara: didalam tabung uji, larutkan 0,05 gr tawas kromium dengan 5 ml air. Tambahkan larutan Ba(NO3)2  0,1 M dan larutan HNO3 2M beberapa tetes. Catat pengamatan anda pada lembar kerja dan tuliskan keseimbangan persamaan ionic dari reaksi yang terjadi.

VI.       Hasil Pengamatan
Proses
Hasil Pengamatan
Asam sulfat +K2Cr207

+etanol



Ditutup kaca arloji dan dibiarkan keesokan harinya
Larutan berwarna orange bening

Larutan berwarna hijau kehitaman, terdapat gas dan menghasilkan panas

Larutan tidak berubah dan tidak terdapat kristal




VII.    Persamaan Reaksi
Reaksi : 4H2SO4 + K2Cr2O7 + 20H2O  ----->>  2KCr(SO4)2 . 12H2O + 3/2O2

VIII. Pembahasan
Tawas potassium Kromium , KCr(SO4)2 . 12H2O dibuat dari asam sulfat 5 M sebanyak 25 ml yang ditambahkan dengan 4 gram K2Cr2O7. Jika potassium dikromat telah ditambahkan pada asam sulfat 5 M maka dilakukan pemanasan. Pemanasan ini bertujuan agar semua dikromat larut dalam asam sulfat 5 M. setelah dipanaskan kemudian didinginkan, dilajutkan dengan penambahan etanol dan ditutup dengan kaca arloji lalu dibiarkan sampai keesokan harinya. Penambahan etanol ini bertujuan untuk membantu pembentukan Kristal tawas. Dari hasil percobaan, setelah ditambahkan etanol maka larutan menjadi hijau pekat. Penambahan etanol ini harus dilakukan sedikit demi sedikit karena reaksi ini merupakan reaksi panas. Pada saat reaksi trlihat gas yang dihasilkan dari reaksi panas tersebut.
Keesokan harinya dilakukan penyaringan, setelah terbentuk Kristal kemudian hasil penyaringan dikeringkan dan tawas ditimbang. Pada percobaan kali ini, kami tidak mendapati terbentuknya Kristal tawas meskipun larutan telah dibiarkan beberpa hari tettap tidak terdapat Kristal, mengakibatkan persen kesalahan sebanyak 100% karena tidak ada tawas yang terbentuk. Hasil kesalahan 100% ini disebabkan oleh kesalahan dalam praktikum, seperti pada saat penimbangan, penutupan larutan yang tidak rapat, pengaruh suhu system lingkungan atau bisa saja praktikan kurang terampil dan kurang teliti dalam memakai alat.
Pada percobaan ini masih terdapat kekurangan yaitu hasil yang didapat tidak sama dengan literature yang ada dikarenakan terjadinya kesalahan seperti pembuatan larutan dan cara mereaksikan larutan tersebut.
IX.       Kesimpulan
1.      Tawas merupakan suatu garam sulfat rangkap terhidrat dengan formula M+ M3+ (SO4)2 12 H2O
2.      tawas kromium dapat diperoleh dengan cara mereduksi ion dikromadari kalium dikromat menjadi ion kromium dalam suasana basa
3.      reaksi antara ion sulfat dari tawas potassium kromium dengan larutan barium nitrat akan mengahasilkan endapan putih BaSO4 yang tidak larut dalam asam encer
4.      ion M+ merupakan kation univalent
5.      ion M3+ merupakan logam-logam dengan tingkat oksidasi 3+


X.          Daftar Pusataka

Rivai, Harrizul. 1995. Asas Pemeriksaan Kimia. Universitas Indonesia: Jakarta.
Sutresna, Nana. 1996. Penuntun Belajar Kimia 3. Ganeca Exact: Bandung.
Tine, MK., dkk. 2005. Sains Kimia untuk SMA Kelas 2. Bumi Aksara: Jakarta
Vogel. 1985. Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro. (Bagian    II). PT. Kalman Media Pusaka: Jakarta

1 komentar:

  1. mba zila., pngn tanya neh.. cara netralisasi bau limbah sodium sulfat gmn ya/

    BalasHapus